Kamis, 28 April 2011

Goa Sedalam 1.026 meter ditemukan di China





Baru-baru ini, sekelompok ekspedisi Inggris datang ke China, selama beberapa bulan mereka berpetualangan, selama perjalanan mereka di sana, mereka secara tidak sengaja menemukan sebuah lubang goa dengan kedalaman 1.026 meter. Menurut penuturan anggota tim penjelajah, ketika mereka pertama kali melihat goa sedalam itu, semua tercengang, gua yang ditemukan diyakini adalah salah satu goa paling dalam di dunia.

Laporan itu menyebutkan bahwa kelompok penjelajah setelah berjalan melewati banyak bukit dan gunung, akhirnya mereka sampai ke sebuah desa kecil di Tianxin. Di bawah panduan penduduk lokal mereka dibawa ke sebuah goa yang sangat dalam. Menurut hasil penelitian, kedalaman guo tersebut mencapai 3.100 kaki, atau 1.026 meter. Kedalaman tersebut bisa dijajarkan dengan beberapa goa yang sangat dalam di dunia.

Anggota tim penjelajah dalam sebuah wawancara mengatakan bahwa sepanjang proses pendakian, mereka tidak cukup berani untuk memandang ke bawah. Karena jika memandang ke bawah, lubang yang sangat dalam akan membuat orang pusing, bahkan pendakian gunung yang berpengalaman juga tidak berani untuk merasakan tekanan ketakutan dari ruang panjang dan sempit serta mendalam.

Menurut cerita mereka, seluruh team penjelajah tinggal di China selama beberapa bulan, hanya di desa kecil ini saja mereka sudah menghabiskan waktu dua bulan. Semua anggota tim ekspedisi telah dikejutkan dan dimabukkan oleh pemandangan alam yang fantastis ini. Bersama tim tersebut masih ada seorang fotografer, ia mengambil semua foto secara detail di berbagai tempat di dalam goa, dan telah membuat orang-orang di dunia penasaran untuk melihat pemandangan indah ini.



Tim penjelajah memperkenalkan, sekarang ini, goa tersebut adalah gou yang paling dalam di China, dan bisa disejajarkan dengan goa terdalam di dunia lainnya. Goa paling dalam adalah Krubera Georgia di Eropa, kedalamannya mencapai 6.822 kaki atau 2.080 mete. Kedua, adalah gua Lamprechtsofen di Austria, kedalamannya 1.631 meter; dan yang ketiga adalah goa Gouffre Mirolda, yang terletak di Prancis, kedalamannya 5.335 kaki atau 1.626 meter.




Yang menarik adalah gunung tertinggi di dunia adalah Mount Everest ketinggiannya 8.848 meter, jika gua-gua ini bisa dibalik, goa tersebut juga dapat bertanding dengan Mount Everest.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar